Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika
Vol. 3 No. 1 (2023): Agustus

PELATIHAN CHAT GPT SEBAGAI ALAT PEMBELAJARAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE DI KELAS

Muhammad Sony Maulana (Universitas Bina Sarana Informatika)
Nurmalasari (Universitas Bina Sarana Informatika)
Septian Rheno Widianto (Universitas Bina Sarana Informatika)
Sri Dewi Ayu Safitri (Universitas Bina Sarana Informatika)
Reza Maulana (Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2023

Abstract

Kemajuan dan perkembangan teknologi memberikan kebaharuan bagi dunia pendidikan. Dengan kemajuan teknologi tersebut semakin menerapkan potensi bahwa sumber pembelajaran tidak hanya terpusat atau terpaku pada seorang pendidik, namun juga orientasi sumber pembelajaran lebih luas lagi dan memanfaatkan alat bantu (as a tools) untuk mempercepat pencarian sumber belajar secara luas (broad based learning). Dengan kondisi tersebut maka teknologi akan menjadi satu disiplin ilmu yang memang harus dipelajari oleh peserta didik sebagai bekal menghadapi pembelajaran. Perubahan paradigma pendidikan dengan memanfaatkan media sebagai alat penyampai materi saat ini mulai dirasakan dampak positif yang signifikan. Kehadiran media teknologi pada abad-21 ini menjadi instrumen dalam inovasi pendidikan. Salah satu alat teknologi yang saat ini banyak dimanfaatkan dalam dunia pendidikan adalah hadirnya ChatGPT. Dengan mempelajari chat GPT dengan penerapan teknologi Artificial Intelligence dapat meningkatkan antusiasme para generasi muda menjadikan sarana pembelajaran dan memberikan kemudahan bagi mereka dalam mendapatkan informasi. kemajuan teknologi dengan kecerdasan buatan seperti ChatGPT memberikan kebaruan dalam dunia teknologi saat ini khususnya dalam penggunaan teknologi di bidang Pendidikan. ChatGPT dapat membantu siswa belajar dengan cara yang interaktif dan menyenangkan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPMJ

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika diterbitkan oleh Jotika English and Education Center Tangerang, Indonesia dengan e-ISSN 2807-2855, merupakan jurnal yang memuat hasil-hasil penelitian dan pengabdian multi disiplin ilmu yang dilakukan oleh para akademisi dan praktisi. Jurnal ini ...