Jurnal Mirai Management
Vol 8, No 2 (2023)

Pengaruh Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Bimoli Dengan Dimediasi Kepuasan Konsumen

Ika Kusrofatul Laila (Universitas Wahid Hasyim)
Ratna Kusumawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh harga dan brand image terhadap keputusan pembelian minyak goreng bimoli dengan dimediasi kepuasan konsumen pada ibu rumah tangga di Desa Karangsono Kecamatan Mranggen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang didapat dari kuisioner yang disebarkan kepada Ibu Rumah Tangga di Desa Karangsono Kecamatan Mranggen. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu sample jenuh dengan responden 105 Ibu Rumah Tangga yang ada di Desa Karangsono Kecamatan Mranggen. Data dalam penelitian ini diolah dengan bantuan software Smart Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian minyak goreng bimoli pada Ibu rumah tangga di Desa Karangsono Kecamatan Mranggen. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kepuasan konsumen dapat memediasi pengaruh harga dan brand image terhadap keputusan pembelian minyak goreng bimoli pada Ibu rumah tangga di Desa Karangsono Kecamatan Mranggen. This study aims to examine the effect of price and brand image on purchasing decisions for bi-moli cooking oil mediated by consumer satisfaction among houswives in Karangsono Village, Mranggen District. This type of research is quantitive reesearch. The data used is primary data obtained from questionnaires distributed to houswives in Karangsono Village, Mranggen Dis-trict. The sampling method used was a saturated sample with 105 housewives as respondents in Karangsono Village, Mranggen District. The data in this study were processed with the help of Smart Partial Least Square (SEM-PLS) software. The result of this study indicate that price and brand image have a positive and significant effect on the decision to purchase bimoli cooking oil for housewiving in Karangsono Village, Mranggen District. The result also show that con-sumer satisfaction can mediate the effect of price and brand image on purchasing decisions for bimoli cooking oil for houswives in Karangsono Village, Mranggen District.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mirai

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Mirai Management adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Program Pascasrajan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AMKOP Makassar terbit perdana sejak tahun 2016. ...