Menurunnya moral dan melemahnya etika serta sopan santun anak sangat disadari dan menjadi keprihatinan dalam dunia pendidikan. Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk menanggulangi kemerosotan moral ialah melalui pembentukan adab siswa berbasis keteladanan guru. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis bagaimana peran keteladanan guru dalam pembentukan adab santri di Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan pengumpulan dokumentasi yang mendukung temuan pada penelitian ini. Data penelitian dianalisis dengan display data yang kemudian direduksi untuk mengambil data yang diperlukan, dan terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukkan adab santri berbasis keteladanan guru di Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Yogyakarta dilakukan melalui sikap, perkataan dan pembiasaan. Nilai-nilai luhur yang ditanamkan di pesantren dapat membentuk kepribadian santri yang selanjutnya menjadikan karakter yang melekat dalam diri. Adab dan kepribadian yang menjadi ikon pendidikan keagamaan meliputi nilai aqidah, nilai ibadah dan nilai akhlak. Ketiga pembentukkan adab tersebut ditanamkam melalui pembiasaan dengan mentaati peraturan pesantren dan juga peraturan yang ada dalam masyarakat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023