Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Vol. 17, No 5 : Al Qalam (September 2023)

Optimalisasi Keaktifan Belajar Peserta Didik XI-6 SMA Negeri 2 Ungaran melalui Model Problem Based Learning

Widyaningrum, Maharsiwi (Unknown)
Syamsidar, Nora (Unknown)
Ridlo, Saiful (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2023

Abstract

Keaktifan belajar yang ditemukan di lapangan belum optimal. Hal tersebut didukung dengan data awal pembelajaran biologi melalui profiling peserta didikĀ  di XI-6 SMA Negeri 2 Ungaran yang menunjukkan bahwa keaktifan belajar awal dari peserta didik XI-6 yaitu 66%. Persentase keaktifan belajar awal dapat diartikan bahwa cukup optimal. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk mengoptimalkan keaktifan belajar peserta didik dengan suatu model pembelajaran yang mampu merangsang keterlibatan aktif secara langsung peserta didik melalui Problem Based Learning. Upaya tersebut peneliti lakukan dengan mengadakan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis seberapa optimal model problem based learning (PBL) untuk keaktifan belajar peserta didik XI-6 SMA Negeri 2 Ungaran. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dalam 2 siklus dengan menggunakan angket penilaian diri, angket penilaian rekan sejawat, dan lembar observasi untuk mengumpulkan data. Hasil yang diperoleh dari pengumpulan data yaitu keaktifan belajar pada siklus I sebesar 66% yangmana cukup optimal. Oleh karena itu diperlukan perbaikan dengan adanya alat peraga berupa permainan lego dan dilaksanakan siklus II yang memperoleh keaktifan belajar sebesar 79% yang diartikan bahwa keaktifan belajar peserta didik optimal. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan kedua siklus dapat dikatakan pembelajaran problem based learning (PBL) mampu mengoptimalkan 75% keaktifan belajar peserta didik XI-6 SMA Negeri 2 Ungaran pada siklus kedua

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...