Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 6, No 3 (2023)

Validitas Soal tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk Memfasilitasi Kemampuan Numerasi Siswa Materi Bangun Ruang

Tuti Alawiyah (Universitas Riau)
Yenita Roza (Universitas Riau)
Maimunah Maimunah (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Kemampuan numerasi merupakan kemampuan yang penting dalam membekali siswa menghadapi tantangan Abad 21. Kemampuan numerasi berkaitan erat dengan kemampuan menganalisis, menginterpretasikan, menggunakan, dan mengkomunikasikan berbagai macam angka dan simbol matematika untuk memecahkan masalah dalam berbagai macam konteks kehidupan. Salah satu cara untuk melatihkan kemampuan numerasi yakni melalui pemberian soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang sejalan dengan indikator kemampuan numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal tipe HOTS untuk memfasilitasi kemampuan numerasi siswa materi bangun ruang. Pengembangan ini merupakan yang dilakukan dalam dua tahapan yaitu preliminary  dan tahapan awal formative evaluation yaitu self evaluation dan expert review. Berdasarkan penilaian ketiga validator pada 30 butir soal tipe HOTS yang dikembangkan disimpulkan bahwa soal-soal tersebut sangat valid. Soal-soal ini layak untuk diujicoba dan diimplikasikan untuk mengetahui keefektifannya terhadap kemampuan numerasi siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...