Ekasakti Jurnal Penelitian dan Pengabdian (EJPP)
Vol. 3 No. 2 (2023): Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (Mei 2023 - Oktober 2023)

KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SIPORA UTARA

Yefrizon (Unknown)
Injerni Reji Arni (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dua masalah. Pertama, kurangnya keinginan siswa untuk menulis karangan deskripsi. Kedua, kurangnya kosa kata yang dimiliki siswa, sehingga sulit untuk mengungkapkan ide. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil deskripsi kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar siswa kelas X SMA Negeri 2 Sipora Utara ditinjau dari beberapa indikator, yaitu (1) merincikan gambar suatu objek secara detail, (2) mempengaruhi sensitivitas dan membentuk imajinasi pembaca, (3) memaparkan sesuatu yang dapat didengar, dilihat, dan dirasakan, (4) menggunakan diksi atau pilihan kata, dan (5) susunan ruang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Sipora Utara yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 150 orang yang tersebar dalam 5 kelas. Sampel penelitian ini adalah 30 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Instrumen penelitian ini adalah berupa tes. Data diperoleh dengan cara memberikan tes menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar kepada sampel penelitian. Data yang terkumpul dianalisis berdasarkan langkah (1) memeriksa atau memberi skor tulisan oleh siswa sesuai dengan indikator yang diteliti, (2) mencatat skor yang diperoleh siswa, (3) mengolah skor menjadi nilai, (4) mendeskripsikan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar siswa kelas X SMA Negeri 2 Sipora Utara menggunakan skala 10, (5) mengelompokkan tingkat kemampuan siswa, (6) menghitung nilai persentase, dan (7) menyimpulkan hasil analisis data pembahasan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulan bahwa kemampuan menulis karangan deskripsi siswa tergolong Kurang sekali (KS) dengan rata-rata hitung 31,86%. Secara rinci tingkat penguasaan siswa dalam menulis karangan deskripsi untuk setiap indikator yang diteliti, yaitu (1) indikator 1 tergolong Kurang (K) dengan rata-rata hitung 45,89%, (2) indikator 2 tergolong Kurang (K) dengan rata-rata hitung 38,10%, (3) indikator 3 Kurang sekali (KS) dengan rata-rata hitung 30,33%, (4) indikator 4 tergolong Buruk (B) dengan rata-rata 23,33%, dan (5) indikator 5 tergolong Buruk (B) dengan rata-rata hitung 23,33%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

EJPP

Publisher

Subject

Library & Information Science Public Health

Description

Jurnal akademik yang mematuhi standar ulasan sejawat tertinggi. Jurnal ini fokus pada Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Jurnal ini memiliki "karakter" terbuka dan berkontribusi dari hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; dan menjelaskan dalam membimbing karakteristik ...