Youtube merupakan platform media sosial yang memiliki pengguna terbanyak, khususnya di Indonesia. Media sosial ini memberikan banyak keuntungan bagi seseorang untuk lebih dikenal oleh orang lain agar mendapat pengakuan, terutama bagi seorang berprofesi sebagai conten creator di youtube. Salah satunya adalah Jerome Polin, seorang mahasiswa Jepang yang berkewarganegaraan Indonesia dan juga seorang youtuber memiliki lebih dari 7 juta subscribers. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan aspek personal branding Jerome Polin yang ditampilkan pada setiap video – video yang diunggahnya dalam youtube channel Nihongo Mantappu. Aspek – aspek personal branding yang ditinjau sesuai dengan aspek personal branding yang dicetus oleh Montoya dan Vandehey yaitu : Spesialisasi, kepemimpinan, Kepribadian, Perbedaan, kesatuan, dan Niat Baik. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif dengan menggunakan dua orang coder untuk mencapai objektivitas penelitian. Kemudian, hasil dari coding sheet akan dihitung dan diolah menggunakan formula Holsti. Penelitian ini membuktikan bahwa seluruh video Jerome Polin dalam youtube channel Nihongo Mantappu mengandung aspek personal branding yang dapat dilihat secara langsung. Berikut persentasi hasil temuan penelitian ini : Aspek kepribadian 22%. Aspek kesatuan 15%. Aspek spesialisasi dimensi ability 13%. Aspek kepemimpinan dimensi pengakuan 11%. Aspek niat baik 10%. Aspek spesialisasi dimensi service dan aspek perbedaan dimensi penampilan, masing – masing 8%. Aspek kepemimpinan dimensi trendsetter 7% Aspek perbedaan dimensi lifestyle 6%.
Copyrights © 2023