Perusahaan merupakan bagian dari masyarakat dan lingkungan hidup, sehingga perusahaan mempunyai tanggung jawab terhadap masyarakat dengan kinerjanya. Namun berdasarkan penilaian Kementerian Lingkungan Hidup melalui pemeringkatan PROPER. Peringkat merah menandakan masih ada perusahaan yang tidak mengelola lingkungannya sesuai ketentuan. Metode purposive sampling diperoleh 105 sampel dari 21 perusahaan Consumer Non-Cyclicals tahun 2017 – 2021 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data penelitian diolah menggunakan Eviews 12 dengan model terbaik adalah Fixed Effect Model. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tinggi rendahnya pertumbuhan suatu perusahaan yang dinilai melalui penjualan dapat mempengaruhi kinerja keuangan suatu perusahaan dan tingkat likuiditas perusahaan, yang berarti kemampuan perusahaan dalam membayar kewajibannya pada saat jatuh tempo dapat mempengaruhi kinerja keuangan dan mempertimbangkan dengan digitalisasi. CSR. Hal ini berguna bagi manajer dalam menentukan strategi keberlanjutan perusahaan.Kata Kunci: Perkembangan Perusahaan, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
Copyrights © 2023