Salah satu keberhasilan pendidikan tercermin dalam peningkatan hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi dan menentukan tingkat hasil belajar siswa adalah media pembelajaran yang digunakan untuk pembelajaran. Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk merangsang pikiran, perhatian, dan motivasi siswa untuk meningkatkan belajarnya. Media pembelajaran diharapkan dapat menjadi sumber belajar yang erat kaitannya dengan tujuan pembelajaran, sekaligus sebagai pelengkap pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media terhadap pembelajaran IPS di sekolah dasar dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa, karena penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pelajaran pada saat itu. One of the successes of education is reflected in the improvement of student learning outcomes. One of the factors that influence and determine the level of student learning outcomes is the learning media used for learning. Media is anything that can be used to stimulate the mind, attention, and motivation of students to improve their learning. Learning media is expected to be a source of learning that is closely related to learning objectives, as well as a complement to learning. This study aims to examine the effect of media on social studies learning in elementary schools by using a qualitative descriptive method. The use of learning media in the teaching and learning process can generate new desires and interests, generate motivation and stimulation of learning activities, and even bring psychological effects on students, because the use of learning media at the learning orientation stage will greatly help the effectiveness of the learning process and delivery of messages and content of the lesson at that time.
Copyrights © 2023