PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2 (2023): Oktober

ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Riki, Riki (Unknown)
Kusno, Kusno (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2023

Abstract

Motivasi belajar merupakan dorongan yang terdapat pada suatu individu untuk mengerjakan suatu tindakan dalam konteks pembelajaran dengan maksud mencapai tujuan tertentu. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis terkait peranan serta hubungan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Metode yang digunakan yaitu Systematic Literature Review (SLR). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mencari artikel yang relevan pada google scholar dengan kata kunci motivasi belajar siswa terhadap prestasi matematika. Beberapa artikel yang digunakan oleh peneliti ialah artikel yang dipublikasikan dengan rentang waktu 2019 sampai dengan 2023. Adapun teknik analisis datanya yaitu dengan mengelompokkan artikel-artikel tersebut menjadi beberapa kelompok, kemudian diinterpretasikan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sangat berperan penting dalam peningkatan prestasi belajar, khususnya dalam mata pelajaran matematika. Selain itu, motivasi belajar juga memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika. Dimana semakin besar motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa, maka prestasi belajar matematikanya juga akan semakin besar. Kata kunci :Motivasi Belajar; Prestasi Belajar Matematika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...