Perangkat pembelajaran diharapkan menjadi sarana guru dalam memberikan pembelajaran terbaik bagi peserta didik dengan dibekali keterampilan abad 21 dan pendidikan karakter. Penelitian ini dilakukan dalam upaya untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis flipped classroom untuk meningkatkan kemandirian pada muatan pelajaran IPA kelas V SD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian RnD (research and development) dengan model pengembangan ADDIE. Adapun komponen dari produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah RPP, modul pembelajaran, LKPD, dan penilaian. Uji coba produk dilakukan di SD Kanisius Notoyudan dengan diikuti oleh dua puluh satu peserta didik kelas V.Penelitian yang dilakukan ini mendapatkan hasil dalam rentang 1-4 dengan penjabaran berikut; (1) RPP memperoleh hasil validasi yaitu 3,33 dengan kategori sangat layak, (2) modul pembelajaran memperoleh hasil validasi yaitu 3,38 dengan kategori sangat layak, (3) LKPD memperoleh hasil validasi yaitu 3,26 dengan kategori sangat layak, (4) penilaian memperoleh hasil validasi yaitu 3,24 dengan kategori layak. Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran flipped classroom untuk meningkatkan kemandirian layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Pada penyusunan perangkat pembelajaran perlu memperhatikan kebutuhan peserta didik, sekolah, dan guru
Copyrights © 2023