Pandemi COVID-19 telah mengganggu sektor pendidikan secara global, memaksa lembaga pendidikan untuk mengadopsi pendekatan baru guna melanjutkan proses belajar mengajar.  Salah satu solusi yang semakin diterapkan adalah pemanfaatan teknologi gadget dalam pembelajaran. Dalam konteks ini, teknologi gadget merujuk pada perangkat seperti smartphone, tablet, dan laptop yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran jarak jauh, pembelajaran hybrid, dan pembelajaran mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan gadget sebagai sarana pembelajaran di masa sebelum maupun sesudah pandemi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian. Hasil akhir dari penelitian ini mengindikasikan bahwa penggunaan gadget oleh anak-anak dipicu oleh kebutuhan pribadi, terutama karena situasi Pandemi COVID-19 yang mendorong semua pembelajaran anak secara daring. Gadget telah berperan sebagai alat pembelajaran sekaligus hiburan bagi anak-anak, mengingat kontennya yang kaya akan informasi yang sangat relevan. Namun, di samping manfaat yang telah disebutkan, penggunaan yang berkelanjutan dari gadget juga membawa dampak negatif terhadap perilaku anak-anak. Dengan pendekatan yang tepat, teknologi gadget dapat menjadi alat yang efektif dalam membentuk masa depan pendidikan yang lebih dinamis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023