Abstrak Latar Belakang: Dalam melakukan rujukan tidak lepas dari kelengkapan syarat administrasi, pengetahuan Standar Operasional Prosedur (SOP) rujukan yang masih kurang, dan masih ada kekosongan diagnosa di berkas rekam medis. Tujuan: Mengetahui gambaran pelaksanaan sistem rujukan di RS Dr. R Ismoyo (Korem) Kota Kendari Tahun 2023 Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenoologis. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis yang digunakan yaitu wawancara mendalam dengan menggunakan metode content analysis. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua alur pendaftaran, SDM sudah sesuai dengan standar rumah sakit, penulisan dokter yang kurang jelas, sehingga masih terdapat kekosongan diagnosa, serta masih ada petugas yang tidak mengetahui Standar Operasional Prosedur (SOP) rujukan. Kesimpulan: Masih terdapat kekosongan diagnosa yang disebabkan oleh penulisan dokter yang tidak jelas serta pengetahuan petugas terhadap Standar Operasional Prosedur (SOP) rujukan masih kurang. Sehingga diperlukan adanya peninjauan ulang terhadap berkas rekam medis paisen dan juga adanya sosialisasi secara merata oleh pihak rumah sakit kepada seluruh tenaga kesehatan di rumah sakit Dr. R Ismoyo (Korem) Kota Kendari. Abstract Background: In making a referral, it cannot be separated from the completeness of administrative requirements, knowledge of the referral Standard Operating Procedure (SOP) which is still lacking, and there is still a diagnostic gap in the medical record file. Objectives: Knowing the description of the implementation of the referral system at Dr. R Ismoyo (Korem) Kendari City in 2023 Methods: The type of research used is descriptive qualitative research with a phenomenological approach. Determination of informants using purposive sampling technique. The analysis used in in-depth interviews using content analysis method. Results: The results showed that there were two registration flows, the HR was in accordance with hospital standards, the doctors' writing was unclear, so there were still diagnostic gaps, and there were still officers who did not know the referral Standard Operating Procedures (SOP). JAKK - UHOEsti Wulandari, et al. Jurnal Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Conclusion: There is still a diagnostic gap caused by the doctor's writing that is not clear and the staff's knowledge of the Standard Operating Procedure (SOP) for referrals is still lacking. So that there is a need for a review of the patient's medical record file and also an equal socialization by the hospital to all health workers at the Dr. R Ismoyo (Korem) Kendari City
Copyrights © 2023