Toko Putra Kembar merupakan UMKM yang menjual barang-barang kebutuhan pokok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan bisnis Toko Putra Kembar dengan melakukan analisa faktor internal (IFE) dan eksternal (EFE) serta matriks IFAS dan EFAS juga menggunakan Analisa SWOT. Tahapan selanjutnya memberikan saran perbaikan strategi menggunakan konsep Business Model Canvas. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif data yang digunakan merupak hasil dari wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Toko Putra Kembar berada di posisi kuadran III yaitu dalam posisi yang lemah namum sangat tertusuk juga terdapat beberapa alternatif strategi yang dapat digunakan sebagai dasar pengembangan bisnis Toko Putra Kembar. Penerapa strategi alternatif ini perlu dilakukan agar pengembangan bisnis Toko Putra Kembar dapat terwujud. Kata Kunci: Analisa SWOT, Bisnis Model Canvas, Matrik IFE dan EFE
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023