SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 6, No 2.1 (2023)

Pengaruh Net Profit Margin, Kebijakan Dividen, Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Variabel Kontrol Ukuran Perusahaan

Oktavina, Aghil Adeta (Unknown)
Hendratno, Hendratno (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2023

Abstract

Nilai perusahaan merupakan salah satu cerminan penting baik atau tidaknya kinerja suatu perusahaan. Nilai perusahaan ditentukan oleh mekanisme permintaan dan penawaran di bursa, yang dapat dilihat pada harga saham. Pertimbangan investor yang utama dalam melihat kinerja perusahaan adalah dengan melihat tinggi atau rendahnya nilai perusahaan. Tujuan penelitian ini agar dapat mengetahui pengaruh net profit margin, kebijakan dividen, dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan variable kontrol ukuran perusahaan pada perusahaan Sektor Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2021. Populasi dalam penelitian ini adalah Sektor Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2021. Teknik sampling yang dilakukan yaitu purposive sampling dan diperoleh jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 70 sampel yang terdiri dari 14 perusahaan dengan periode penelitian selama 5 tahun. Metode analisis data menggunakan analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 9 dengan melakukan beberapa tahap pengujian. Hasil pada penelitian ini menunjukkan net profit margin, kebijakan dividen dan leverage dengan variabel kontrol ukuran perusahaan berpengaruh secara simultan terhadap nilai perusahaan. Secara parsial net profit margin dan leverage berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Sedangkan kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Nilai perusahaan, Net Profit Margin, kebijakan dividen, leverage, dan ukuran Perusahaan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...