SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 6, No 2.1 (2023)

Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Pada UMKM Usaha Kecil Sektor Kuliner Di Kota Pangkalpinang

Noviyanti, Indah (Unknown)
Aryansyah, Ary Fakturrachman (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2023

Abstract

Keunggulan kompetitif usaha kecil dan menengah menentukan kelangsungan usaha. Usaha kecil bidang kuliner yang masih tumbuh dan berkembang akan berorientasi pasar dengan memperhatikan pelanggan, menjawab kebutuhan dan keinginan konsumen melalui inovasi produk, serta berusaha memuaskan pelanggan dengan menitik beratkan pada Dinamika persaingan menghargai bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing UMKM sektor kuliner Pangkalpinang dan bagaimana penerapannya pada UMKM sektor kuliner kota Pangkalpinang dalam mengatasi hambatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung dari variabel bebas yaitu Orientasi pasar dan inovasi produk terhadap variabel keunggulan bersaing. Teknik pengambilan sampel adalah teknik non-probability sampling, lebih tepatnya yaitu accidental sampling atau teknik sampling acak berdasarkan kebetulan dengan beberapa anggota populasi yang peneliti temui dapat dijadikan sampel dalam penelitian.Berdasarkan hasil uji pada regresi, variabel Orientasi pada Pasar mempunyai pengaruh dampak yang positif dan signifikan terhadap variabel dependen Keunggulan Bersaing. Selanjutnya, variabel Inovasi Produk mempunyai pengaruh dampak yang positif dan signifikan terhadap variabel dependen yakni keunggulan bersaing. Terakhir, variabel orientasi pasar dan inovasi produk mempunyai pengaruh yang positif secara simultan dan signifikan terhadap variabel keunggulan bersaing. Saran yang diberikan yaitu kepada pelaku UMKM kecil di Kota Pangkalpinang khususnya dalam sektor kuliner UMKM perlu meningkatkan posisi pasar mereka agar dapat bersaing menjadi lebih baik lagi dengan melakukan survei kepada pelanggan setidaknya setahun sekali dan pandai dalam memperoleh informasi agar dapat bersaing serta harus berani melakukan inovasi dalam produk penjualannya sehingga akan meningkatkan keunggulan bersaing dengan UMKM lainnya. Kata Kunci: Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...