Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui preferensi konsumen terhadap merek, jenis minuman, topping, takaran es, dan ukuran gelas pada minuman kekinian di kalangan remaja Kota Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen remaja minuman kekinian di Kota Surabaya. Penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, dengan jumlah 100 responden sebagai sampel penelitian. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis konjoin yang digunakan untuk menentukan nilai utilitas dan kepentingan atribut yang membentuk suatu preferensi. Adapun atribut tersebut yaitu Merek, Jenis Minuman, Topping, Ukuran Gelas, dan Takaran Es. Hasil dari penelitian analisis konjoin terdapat tiga poin penting yaitu nilai utilitas setiap level atribut minuman kekinian yang menjadi preferensi konsumen, atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam pembelian minuman kekinian di kalangan remaja Kota Surabaya, dan nilai korelasi Pearson dan Kendall’s Tau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minuman kekinian yang menjadi preferensi konsumen di kalangan remaja Kota Surabaya adalah merek Chatime, jenis minuman milk tea, topping boba/pearl, ukuran gelas large, dan takaran es normal ice dan less ice. Atribut minuman kekinian yang paling dipertimbangkan konsumen dalam pembelian minuman kekinian di kalangan remaja Kota Surabaya adalah jenis minuman. Urutan atribut dari yang paling dipertimbangkan sampai dengan yang kurang dipertimbangkan adalah jenis minuman, merek, topping, takaran es, dan ukuran gelas.’ Dari hasil analisis konjoin diperoleh nilai korelasi Pearson dan Kendall’s Tau masing-masing yaitu sebesar 0,962 dan 0,845 Kata Kunci : Minuman Kekinian, Preferensi Konsumen, Analisis Konjoin, Nilai Utilitas, Kepentingan Atribut
Copyrights © 2023