Penelitian ini bertujuan untuk: Mendeskripsikan, Kendala, dan solusi dari Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Pelanggan Pendidikan di MA Nurul Huda Baros. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang didapat kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif yang terdiri dari: (a) reduksi data, (b) penyajian data, dan (c) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Pelaksanaan manajemen pemasaran pendidikan di MA Nurul Huda dengan tetap memperhatikan fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelksaan serta control dan evaluasi. 2) Faktor pendukung dari pemasaran pendidikan di MA Nurul Huda Baros di antaranya adalah: dukungan moral dan moril dari kepala yayasan, letak madrasah yang strategis, pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualitas, program unggulan madrasah, serta pelayanan yang baik dari pendidik dan tenaga kependidikan . 3) Faktor penghambat pemasaran pendidikan di MA Nurul Huda Baros di antaranya adalah: ketatnya persaingan antar lembaga pendidikan, stigma masyarakat menggap rendah lulusan Madrasah Aliah, keterbatasan biaya, kurang beragamnya kegitan ekskul serta kurang lengkapnya sarana dan prasarana
Copyrights © 2023