Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh perpustakaan sebagai bagian integral dari suatu lembaga pendidikan merupakan sarana penting dalam menunjang proses pembelajaran di MAN 3 & MAN 4 Tangerang secara aktif dan positif. Berdasarkan permasalahan diatas tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menggambarkan pelayanan, pelaksanaan pelayanan dan pengawasan pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik di MAN 3 dan MAN 4. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara interview/wawancara, observasi dan dokumentasi serta pengumpulan dokumendokumen dan data yang valid. Hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti dilapangan, penulis menyimpulkan bahwa, (1) standar pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca ialah: mempermudah dalam prosedur peminjaman buku, mensosialisasikan prosedur peminjaman, memberikan pelayanan pinjaman dengan ramah dan komunikatif, peningkatan SDM di perpustakaan, (2) Pelaksanaan pengolahan bahan pustaka disesuaikan dengan peraturan pemrintah, pelaksanaan pengorganisasian SDM ditunjukkan dengan adanya struktur organisasi, kegiatan pengarahan dan kegiatan koordinasi perpustakaan dengan struktur organisasi, pelaksanaan penataan sarana prasarana perpustakaan disesuaikan dengan kapasitas ruang perpustakaan, terdapat dua pelaksanaan layanan perpustakaan yaitu pelayanan sirkulasi dan pelayanan teknis pelaksanaan. (3) Evaluasi dan pengawasan perpustakaan sekolah di MAN 3 dan MAN 4 dilakukan oleh pihak kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan pengawasan yang dilaksanakan untuk peningkatan SDM
Copyrights © 2023