Pelajaran matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian besar peserta didik. Oleh karena itu pelajaran matematika identik dengan pelajaran yang tidak digemari dan membosankan bagi siswa. Berbagai upaya dilakukan untuk mengubah image ini dengan menciptakan metode dan media pembelajaran yang menarik, inovatif, kreatif dan menyenangkan. Dengan adanya metode dan media yang menarik yang diharapkan peserta didik lebih tertarik untuk belajar. Selain itu penggunaan metode dan media yang dipilih dapat membantu meningkatkan pemahaman dan kompetensi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan dadu sebagai media pembelajaran dapat membantu meningkatkan pemahaman dan kompetensi peserta didik dalam pelajaran matematika untuk materi statistika data menetukan modus, median dan mean. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melakukan pengamatan dan wawancara untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Dari penelitan ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media dadu untuk menentukan modus, median dan mean dalam materi statistika data pelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman, kompetensi dan kreatifitas peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022