Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa buku pop-up dalam pembelajaran materi sistem tata surya untuk siswa kelas VI SD, mengetahui kevalidan media pembelajaran, dan mengetahui tingkat keefektifan media pembelajaran pop up book dengan materi tata surya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode pengembangan yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan melibatkan tahap perencanaan, pengembangan, evaluasi, dan revisi. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest sebelum penggunaan media, pemberian materi menggunakan media buku pop-up, dan posttest setelah penggunaan media. Hasil validasi dari ahli materi mendapatkan skor 100% sehingga termasuk dalam kategori sangat tinggi. Serta hasil validasi ahli media pembelajaranmemperoeh skor 95% sehingga termasuk dalam kategori sangat tinggi Hasil uji N-Gain mendapatkan skor rata-rata 68,24% sehingga termasuk dalam kategori efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest dari hasil belajar siswa kelas 6 SD Negeri Gondang 7. Sehingga media pembelajaran pop up book dengan materi tata susrya terbukti valid dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 6 SD Negeri Gondang 7.
Copyrights © 2023