Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 5 (2023): Innovative: Journal of Social Science Research

Pengembangan Media Pembelajaran Menggunkan Powtoon Pada Materi Penyajian Data di Kelas V Sekolah Dasar

Mardatila, Mardatila (Unknown)
Ahmad, Sayfri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan yang ditemukan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran matematika menggunakan powtoon belum dikembangkan.media pembelajaran yang digunakan guru pada kegiatan cenderung mengakibatkan peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan guru ialah media konvensional berupa buku paket dan alat peraga yang tersedia di sekolah. Sehingga perlu adanya perkembangan media pembelajaran menggunakan Powtoon. Peneliti ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan Powtoon pada materi penyajian data di kelas V Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri atas lima tahap yakni analysis (analisis), design (rancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluation (evaluasi). Data dari penelitian ini dikumpulkan dengan menggunkan lembar validasi, angket respon. Lembar validasi terdiri dari lembar validasi materi, validasi bahasa, dan validasi media. Angket respon terdiri atas angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba media pembelajaran dilaksanakan di kelas V SDN 02 Timbalun dan penyebaran media pembelajaran dilakukan di kelas V SDN 16 Timbalun. Hasil penelitian pemgembangan media pembelajaran menggunakan Powtoon yang dikembangkan memperoleh hasil validasi dari tiga validator yaitu aspek materi dengan presentase 85%, aspek bahasa dengan presentase 93%, dan aspek media dengan presentase 91% sehingga memperoleh nilai rata-rata 89,6% dengan kategori valid. Hasil angket respon di sekolah menunjukan bahwa media pembelajaran sudah sangat praktis dengan hasil angket respon guru dengan presentase 92,5% dan angket angket respon siswa dengan presentase 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan Powtoon pada materi penyajian data kelas V Sekoah Dasar telah dinyatakan valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...