Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada materi Keberagaman Masyarakat Indonesia dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika dengan penerapan pembelajaran metode Saintifik pada kelas IX.9 di SMP Negeri 8 Pekanbaru. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan sebanyak dua putaran (Siklus). Setiap putaran dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IX.9 di SMP Negeri 8 Pekanbaru dengan jumlah sebanyak 39 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Data yang diperoleh berupa hasil belajar PKn yang didapat dari test dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi test, observasi dan dokumentasi. Dari hasil pada siklus I hasil belajar siswa menjadi 40% dengan klasifikasi tidak aktif. Sedangkan pada siklus II hasil siswa dalam belajar mengalami peningkatan menjadi 60% dengan klasifikasi sangat aktif. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan dalam proses pembelajaran PKn dengan penerapan pembelajaran metode Saintifik pada mata pelajaran PKn pada siswa kelas IX.9 di SMP Negeri 8 Pekanbaru dapat dikatakan berhasil sepenuhnya. Kata Kunci : Konsep Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Saintifik, Hakikat Pembelajaran PKN
Copyrights © 2023