Action Research Literate (ARL)
Vol. 7 No. 10 (2023): Action Research Literate

Manajemen Krisis SMA YPHB dalam Menangani Berita Negatif Terkait Kenakalan Remaja

Rahayu, Sri (Unknown)
Sartika, Ika (Unknown)
Liawati, Euis (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Semakin maraknya pemberitaan negatif tentang kenakalan remaja peserta didik sekolah menengah membutuhkan penanganan yang serius guna menjaga citra lembaga pendidikan. SMA YPHB mengalami krisis akibat berita negatif tentang tawuran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi komunikasi krisis dan penggunaan media social yang dilakukan oleh Humas dalam menangani pemberitaan negatif peserta didik. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan tipe penelitian studi kasus dengan menggunakan snownall sampling sebagai pemilihan 11 informan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan tinjauan literatur. Peneliti menggunakan model analisis Miles dan Huberman untuk menganalisis data dan melakukan triangulasi untuk memeriksa validitas data. Hasil penelitian menunjukkan langkah-langkah manajemen krisis yang dilakukan SMA YPHB dengan identifikasi, analisis, isolasi, strategi dan program pengendalian. Setiap kegiatan di sekolah dipublikasikan dengan mengunakan media sosial (Instagram, Twitter, Facebook, tiktok dan kanal youtube YPHB Channel ). Kehumasan yang lebih terbuka dan manajemen krisis membuahkan hasil yaitu pemberitaan yang lebih seimbang . Dalam memberikan informasi kepada media, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa YPHB telah memberikan informasi secara jujur, konsisten, dan relatif cepat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

arl

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences

Description

Action Research Literate is a scientific journal in the form of research and can be accessed openly. This journal is published biannual by Syntax Corporation Indonesia. Development of the company make the this Journal is transferred management to the Ridwan Institute which became the part of of ...