Algoritma apriori merupakan salah satu algoritma klasik data mining yang dapat mempelajari aturan asosiasi, mencari pola hubungan antar satu item dengan item yang lainya dalam suatu dataset, pola hubungan atau kombinasi adalah suatu hal yang penting dalam menentukan strategi penjualan. Masalah yang sering terjadi perusahaan atau toko tidak mengetahui kombinasi item tersebut, tidak ada program yang mendukung untuk menunjukkan frekuensi dari itemset yang dibeli secara berkala. Tujuan pada penelitian ini adalah menemukan kombinasi itemset pada setiap transaksi yang terjadi dengan nilai confidence yang tinggi, sehingga bisa di pastikan bahwa itemset tersebut adalah item yang sering di beli oleh pelanggan. Manfaat yang bisa diambil perusahaan atau toko adalah mendapatkan hasil kombinasi dari dataset yang sudah di sediakan untuk di lakukan pengujian. Dari pengujian yang sudah dilakukan menggunakan minimum confidence 60%, dengan nilai minimum support maksimal 6 bisa menghsilkan 3 kombinasi item 100% minimum support maksimal 7 bisa menghasilkan 2 kombinasi item 100%.
Copyrights © 2023