Sebagai instrumen diplomasi publik, Presidensi G20 Indonesia digunakan untuk melaksanakan strategi nation branding guna mendapatkan kredibilitas dunia internasional. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran aktor yang terlibat dalam strategi nation branding Indonesia melalui penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan cara deskriptif-kualitatif. Seluruh data dikumpulkan menggunakan teknik studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktor yang terlibat dalam strategi nation branding Indonesia terdiri dari dua, yaitu aktor negara dan non-negara. Aktor negara yang terlibat adalah Presiden RI, Wakil Presiden RI, tiga puluh empat kementerian, dan The Nusa Dua Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Aktor negara yang terlibat adalah Satu Collective, Celcius Creative Lab, PT Royalindo Expoduta, PT Dyandra Media International Tbk, Maudy Ayunda, dan William Wongso.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023