Latar Belakang: Perilaku stiky cost merupakan perilaku biaya asimetris tidak proporsional saat aktivitas penjualan mengalami peningkatan atau penurunan.Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisa implementasi corporate governance dan manajemen laba terhadap perilaku sticky cost yang dimoderasi oleh kebijakan insentif pajak akibat pandemi covid-19.Metode Penelitian: Metode yang dipakai penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan data skunder. Teknik |pengumpulan data yaitu menggunakan purposive sampling. Data yang digunakan berupa laporan keuangan tahunan pada perusahaan retail sektor trade yang terdaftar di BEI periode 2019 sampai 2021 dan mendapatkansample penelitian sebanyak 30. Metode penelitian ini menggunakan moderated regression analysis (MRA).Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan corporate governance dan manajemen laba tidak berpengaruh terhadap stiky cost. Artinya tata kelola perusahaan dan manajemen laba yang baik belum tentu diikuti dengan perilaku tidak proporsional manajemen. Kebijakan insentif pajak memperkuat pengaruh corporate governance terhadap perilaku sticky cost. Kebijakan insentif pajak tidak mampu memperkuat pengaruh manajemen laba terhadap perilaku sticky cost.Keaslian/Kebaruan Penelitian: Penelitian ini mengambil pendekatan yang berbeda untuk mengetahui perilaku stiky cost yaitu menggunakan moderated regression analysis variable kebijakan insentif pajak, analisis yang kritis ini belum pernah dilakukan sebelumnya.Kata kunci: Corporate governance, manajemen laba, sticky cost, insentif pajak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023