Fikrah : Journal of Islamic Education
Fikrah: Journal of Islamic Education, Vol. 7 No. 2 December 2023

DAMPAK CARA PENILAIAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA DI MII

rizal noventue (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2023

Abstract

Penilaian menjadi satu bagian penting dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Cara penilaian guru mempengaruhi minat serta hasil belajar siswa, dengan kata lain guru harus menerapkan penilaian yang tepat agar minat serta hasil belajar siswa menjadi maksimal dan dapat di ukur sesuai dengan apa yang dicita-citakan bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifkasi dampak yang dirasakan oleh siswa terhadap penilaian guru baik objektif maupun subjektf dalam pembelajaran PPKn. Penelitian ini mencakup pembelajaran siswa secara umum dalam berbagai tingkatan dan secara spesifik merujuk pada pembelajaran PPKn siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  deskriptif kualitatif dengan menggunakan penelitian studi pustaka (Librarry research). Ada dua daampak utama yang terjadi  pasca penilaian oleh guru, baik secara objektif maupun subjektif yaitu dampak positif dan negatif. Secara spesifik dampak positif dari penilaian guru membuat siswa mampu mengealuasi diri dalam pembelajaran, sehingga untuk pembelajaran selanjutnya akan mampu mempersiapkan rencana pembelajaran yang lebih matang dan terarah, disi lain juga bisa menjadi motiasi belajar bagi siswa. Sedangkan dampak negatifnya, penilaian yang tidak objektif akan menurunkan semangat belajar, manghilangkan keharmonisan kolaborasi guru dan siswa serta menurunnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

fikrah

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

Fikrah: Journal of Islamic Education published twice a year since 2017 (June and December), is a multilingual (Bahasa and English), peer-reviewed journal, and specializes in Islamic Education. This journal is published by the Faculty of Islamic Studies, Ibn Khaldun University of Bogor, in ...