This study aims to analyze service quality effect to customers satisfaction towards
customers loyalty at KSP Rentha Jaya, Purwakarta. In general the elements of
services quality will create satisfaction and loyalty to customers. Service quality
should be optimized and could meet customers expectation which deliver companys
satisfaction and loyalty to keep struggling on intense competition. This research is
a descriptive study that describes the effect of variables through hypothesis test.
The respondent of this research are existing customers of Koperasi Simpan Pinjam
Rentha Jaya during last 1-2 years. Number of respondents is 100 respondents
which applied with probabilistic sampling. The research is conducted by simple
regression analysis and multiple regression analysis supported by SPSS program.
The result of the study shows that purposed hypothesis entirely obtain contributions
as follows: 1) service quality has a positive effect towards satisfaction of KSP
Rentha Jaya Purwakarta customers with 29,1% contributions, 2) satisfaction
has a positive effect towards loyalty of KSP Rentha Jaya Purwakarta customers
with 58,2% contributions, while 41,8% is contributed by other unexamined variables.
Keywords: Service Quality, Customers Satisfaction, Customers Loyalty
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan dan
kepuasaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di Koperasi Simpan Pinjam
Rentha Jaya, Purwakarta. Pada dasarnya unsur-unsur dari kualitas layanan akan
menciptakan kepuasan dan loyalitas bagi para pelanggan. Kualitas layanan haruslah
optimal dan diharapkan akan mampu memenuhi harapan pelanggan sehinggan
menciptakan kepuasaan dan loyalitas perusahaan untuk menjaga kelangsungan
hidup suatu perusaan ditengah persaingan yang ketat. Jenis penelitian ini adalah
penelitian deskriptif yaitu suatu penelitian yang menggambarkan adanya pengaruh
antara variabel melalui pengujian hipotesa. Responden penelitian adalah pelanggan
yang telah memakai jasa Koperasi Simpan Pinjam Rentha Jaya minimal 1-2 tahun
terakhir. Jumlah responden penelitian ditetapkan sebanyak 100 responden dengan
menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu probabilistic sampling. Penelitian
ini menggunakan analisis regresi berganda dan regresi sederhana dengan bantuan
program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diacukan
seluruhnya memperoleh dukungan yaitu 1) kualitas layanan berpengaruh positif
terhadap kepuasaan pelanggan KSP Rentha Jaya Purwakarta dengan kontribusi
yang diberikan sebesar 29,1%., 2) kepuasaan berpengaruh positif terhadap loyalitas
pelanggan KSP Rentha Jaya Purwakarta dengan kontribusi yang diberikan sebesar
58,2%, sedangkan 41,8% lainnya merupakan kontribusi dari variabel lain yang tidak
diteliti.
Kata kunci: Kualitas Layanan, Kepuasaan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan
Copyrights © 2015