Edumaspul: Jurnal Pendidikan
Vol 7 No 2 (2023): Edumaspul: Jurnal Pendidikan

The Role of the Driving Teachers in the Independent Learning Program

Afriani Fitriana (Universitas Jambi)
KA Rahman (Universitas Jambi)
Sofyan Sofyan (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2023

Abstract

Program guru penggerak dibentuk untuk menggali potensi guru dalam mengajar dan mendidik murid-muridnya, serta meningkatkan kemandirian murid dalam belajar. Guru penggerak merupakan bagian terpenting dalam implementasi merdeka belajar. Guru penggerak juga merupakan agen transformasi pendidikan ke arah yang lebih baik. (Makarim, 2020). Tujuan dari penelitian ini menjelaskan peran guru penggerak dalam program merdeka belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kepustakaan. Hasil penelitian terdapat 6 peran guru penggerak dalam program merdeka belajar, yaitu: 1) guru penggerak berperan sebagai pelatih bagi rekan guru yang lain, 2) guru penggerak berperan melatih pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, 3) guru penggerak berperan sebagai agen perubahan, 4) guru penggerak berperan menciptakan ruang belajar sebagai media berdiskusi dan berkolaborasi, 5) guru penggerak berperan sebagai penuntun proses pembelajaran, 6) guru penggerak berperan sebagai motivator.Kata Kunci: Guru Penggerak, Merdeka Belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

maspuljr

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edumaspul: Jurnal Pendidikan is first published in March 2017 and covers much research in all levels of education (primary, secondary, and higher education). Edumaspul: Jurnal Pendidikan become a CrossRef Member since the year 2019. Therefore, all articles published will have a unique DOI number. ...