Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis)
Vol. 6 No. 2: Desember 2021

PENGARUH KONTEN PEMASARAN INSTAGRAM @TUMBAS.ORIGINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TAHUN 2020

Annisa Putri Sania (Universitas Telkom)
Pramitha Aulia (Universitas Telkom)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui konten pemasaran instagram terhadap keputusan pembelian konsumen. Pemilihan umkm @Tumbas.origine sebagai objek ini dikarenakan pesatnya pasar persaingannya yang sama dalam mempromosikan produk melalui sosial media instagram. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan kausal dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling , dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Dimensi yang digunakan dalam penelitian ini ada lima, yaitu Reader Cognition, Sharing Motivation, Persuassion, Decision Making dan Life Factors. Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online (e-kuesioner) pada konsumen yang mengikuti akun instagram umkm @Tumbas.origine. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa konten pemasaran instagram (X) berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian (Y). Hal ini terbukti bahwa Uji Parsial (Uji t) menunjukan bahwa berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian. Hal ini terbukti bahwa hasil nilai sig. t (0,000) < sig. α (0,05) dan hasil koefisien determinasi (Adjust R Square) sebesar 0,223 atau setara dengan 22,3% yang artinya variable bebas dapat mempengaruhi variable terikat sebesar 22,3% sedangkan 77,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, sebaiknya umkm @Tumbas.origine melakukan inovasi baru dengan menyajikan konten yang mempunyai nilai edukasi seperti membuat konten kuis maupun tips dan trik ciri khas umkm untuk semakin menarik keputusan pembelian audience menjadi konsumen.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mebis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL MEBIS (MANAJEMEN DAN BISNIS) aims to provide a forum for international researchers on applied Entrepreneurship And Business Development to publish the original articles.The scope of JURNAL MEBIS (MANAJEMEN DAN BISNIS) are Entrepreneurship And Business Development. JURNAL MEBIS (MANAJEMEN ...