BEMAS: Jurnal Bermasyarakat
Vol 4 No 2 (2024): BEMAS: Jurnal Bermasyarakat

Vocabularies Building through Songs for Elementary Students of MI Ma’arif Blendangan Mlangi Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta

Nor Faizah Kaeni (Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia)
Erwin Rasyid (Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia)
Hilda Ramadoni Fauzia (Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia)
Zulfa Azizah Ismawati (Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Kekayaan kosakata adalah hal yang sangat penting untuk penguasaaan Bahasa Asing tidak terkecuali Bahasa Inggris dan pembelajaran bahasa di usia emas sangatlah penting. Hal ini menjadi satu kendala tersendiri di MI Ma’arif Blendangan. Keterbatasan sumber daya manusia yang dapat mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris menjadi salah satu kendala yang dihadapi oleh MI Maarif Blendangan di desa Mlangi, Nogotirto, Gamping Sleman Yogyakarta. Padahal, usia muda di masa sekolah dasar merupakan usia emas yang akan membantu siswa menguasai Bahasa Asing terutama Bahasa Inggris agar dapat berkompetisi dengan siswa lainnya di luar sana. Selain itu, usia sekolah dasar merupakan masa untuk mempersiapkan diri menempuh pendidikan selanjutnya yang mewajibkan adanya penguasaan mata pelajaran Bahasa Inggris. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan keterampilan Bahasa Inggris dalam pengayaan kosakata melalui lagu pada anak usia Sekolah Dasar. Metode dalam pengabdian ini adalah pembelajaran Bahasa Inggris melalui metode pengayaan kosakata dengan menggunakan lagu di dalam kelas. Selain itu, siswa juga diberikan selingan berupa menggambar dan mewarnai gambar yang sesuai dengan kosakata yang diajarkan melalui lagu. Setiap sesi mencakup 1 kelompok kosakata tertentu dan diadakan sistem previous materials recap sebelum materi berikutnya diberikan. Pelatihan ini dilakukan dalam 9 sesi dan dilakukan pre dan post test bagi siswa didik terkait kosakata yang akan dan telah diajarkan. Hasil dari pengabdian ini berbeda di kelas 1 dan kelas 2 dimana peningkatan kosakata lebih menonjol di kelas 1 dibandingkan di kelas 2. Hal ini dikarenakan kedekatan anak SD kelas 1 dengan masa Taman Kanak Kanak yang masih dekat dengan lagu dalam pembelajaran sedangkan anak kelas 2 tidak tertarik metode lagu dan lebih tertarik dengan pengayaan skill yang lain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bemas

Publisher

Subject

Humanities Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

BEMAS: Jurnal Bermasyarakat berfokus pada Program Pemberdayaan Masyarakat dan naskahnya adalah tentang ilmu terapan di masyarakat untuk memajukan teori, penelitian, dan praktik yang terkait dengan semua bentuk penjangkauan dan keterlibatan. Pemberdayaan Masyarakat berarti layanan kepada masyarakat, ...