Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemahaman sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab terhadap sikap sosial siswa di SMK Islam Asy-Syuhada. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMKI Asy-Syuhada sebanyak 188 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 65 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa angket dengan instrumen kuesioner berskala Guttman untuk pemahaman sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dan kuesioner berskala Likert untuk sikap sosial siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Persyaratan Analisis dan Uji Hipotesis Spearman-rank Correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara variabel Pemahaman Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dan variabel Sikap Sosial Siswa memiliki kekuatan hubungan lemah serta memiliki hubungan tidak signifikan (rho = 0.232; sig. = 0.063; p-value = 0.05) dan pengaruh variabel Pemahaman Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab terhadap variabel Sikap Sosial Siswa sebesar 8% (Rsquare = 0.080) serta berpengaruh signifikan (DF = 1;64, F = 3.654, sig. = 0.060, p-value = 0.05).
Copyrights © 2023