Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 4 No. 5 (2023): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Keputusan Pembelian Buku Ilmiah pada Penerbit Merdeka Kreasi Berdasarkan Label Bestseller dan Potongan Harga

Putri camelia (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)
Abd. Rasyid Syamsuri (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh label bestseller dan potongan harga terhadap keputusan pembelian buku ilmiah pada Penerbit Merdeka Kreasi. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Univeristas Muslim Nusantara Al-Washliyah yang melakukan pembelian Buku Ilmiah Penerbit Merdeka Kreasi sebanyak 171 orang selama bulan Juli-Desember 2022. Sampel yang diteliti dihitung melalui rumus slovin dengan tingkat signifikansi 0,05. Jumlah keseluruhan responden dalam penelitian ini sebanyak 120 konsumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi serta kuesioner dengan skala likert. Metode analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, dan regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS (Statistical Product Sofware Solution). Hasil penelitian membuktikanbahwa Label Bestseller berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Potongan Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hasil penelitian secara simultan Label Bestsaller dan Potongan Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Buku Ilmiah pada Penerbit Merdeka Kreasi. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,752. Hal ini berarti 75,2% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh Label Bestseller dan Potongan Harga.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...