Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 4 No. 5 (2023): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Kepuasan Pelanggan CV. Raja Sutan Indo Kota Pematangsiantar berdasarkan Kualitas Jasa Cetak, Pemasaran Online dan Komunikasi

Intan Nauli Sirait (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah)
Hardi Mulyono (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah)
Abd. Rasyid Syamsuri (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas jasa cetak, pemasaran online dan komunikasi terhadap kepuasan pelanggan di CV. Raja Sutan Indo Kota Pematangsiantar. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan CV. Raja Sutan Indo Kota Pematangsiantar di Bulan Februari 2023  yang berjumlah 157 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 113 konsumen yang dihitung dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi serta kuesioner dengan skala likert. Metode analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik dan regresi linear berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa secara parsial kualitas jasa cetak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Pemasaran Online berpengaruhpositif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Di CV. Raja Sutan Indo Kota Pematangsiantar. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa kualitas jasa cetak, pemasaran online dan komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di CV. Raja Sutan Indo Kota Pematangsiantar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...