Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan bukti empiris dari kecerdasan spiritual, kecerdasan intelektual dan kecedasan emosional terhadap pemahaman akuntansi perbankan yang ditujukan pada mahasiswa dijurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif, dan menggunakan desain penelitian survei yang dilakukan untuk mendapatkan sebuah fakta atau data, maka digunakan kuesioner atau angket sebagai data non-tes. Populasi yaitu mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2019 berjumlah 148 mahasiswa dan sampel 88 mhasiswa. Kecerdasan intelektual, spiritual dan emosional secara signifikan berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi perbankan, dengan hasil sebesar 63,6%. Sisanya dipengaruhi oleh unsur lain, maka diperlukan tambahan variabel yang berpengaruh dengan pemahaman akuntansi perbankan. Maka dinyatakan bahwa pemahaman mahasiswa tentang akuntansi perbankan meningkat seiring dengan meningkatnya tiga kecerdasan tersebut.
Copyrights © 2023