Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 4 No. 5 (2023): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Analisis Kepuasan Nasabah Non Muslim Terhadap Kualitas Layanan Bank Syariah Menggunakan Metode Costumer Satisfaction Index (CSI) Dan Potential Gain In Customer Value (PGCV) Pada Bank Syariah Indonesia Kab. Labura

Ridho Khairi Affandi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Tuti Anggraini (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Aqwa Naser Daulay (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan nasabah non-muslim terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh Bank Syariah di kota Aek Kanopan. Ini dilakukan dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Potential Gain In Customer Value (PGCV), serta mengidentifikasi fitur atau layanan apa saja yang harus diperbaiki oleh karyawan untuk meningkatkan kinerja layanan sehingga kepuasan pelanggan dapat dicapai. Analisis deskriptif kuantitatif adalah jenis penelitian yang menggambarkan variabel secara nyata dan didukung dengan data angka yang berasal dari situasi yang sebenarnya. Dalam penelitian ini, setidaknya 30 klien yang tidak beragama Islam menjadi responden. Selanjutnya, Indeks Kepuasan Pelanggan (CSI) dan Indeks Potential Gain In Customer Value (PGCV) digunakan, masing-masing dengan metode pengumpulan data berupa kuesioner. Metode PGCV digunakan untuk menentukan prioritas atribut perbaikan pelayanan, sedangkan metode CSI mengukur seberapa besar tingkat kepentingan dan kepuasaan nasabah. Dari penelitian ini, nilai CSI sebesar 92% menunjukkan bahwa nasabah "sangat puas", dan PGCV menunjukkan atribut perbaikan dengan indeks 3,76, yaitu fasilitas parkir untuk nasabah yang akan melakukan transaksi berikutnya, dengan index 3,47 yang menunjukkan penampilan karyawan dan index 3,22 yang menunjukkan kesigapan karyawan dalam memberikan layanan. Oleh karena itu, sebagai bagian dari prioritas pelayanan Bank Syariah Indonesia Kab. LABURA untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, perusahaan harus melakukan perbaikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...