Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Gender, serta pengaruh gabungan Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, dan Gender terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian yang termasuk dalam ranah penelitian komparatif. Populasi sasaran penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Buana Perjuangan Karawang sepanjang tahun 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan sampling komprehensif, dimana seluruh individu dalam populasi yang diteliti dijadikan sebagai responden. Pendekatan pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penggunaan kuesioner. Uji validitas menggunakan korelasi Pearson Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Pengukuran statistik ini menunjukkan validitas dan reliabilitas seluruh instrumen. Uji yang diperlukan untuk analisis meliputi penilaian normalitas, linearitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, gender, dan pemahaman akuntansi. Kesimpulannya, pemahaman akuntansi dipengaruhi oleh kecerdasan emosional, intelektual, dan gender. Akibatnya, tingkat pengetahuan akuntansi yang lebih tinggi dapat dicapai melalui penggunaan kecerdasan emosional dan intelektual secara efektif.
Copyrights © 2023