Journal of Early Childhood and Character Education
Vol 3, No 2 (2023)

Peningkatan Kemampuan Interaksi Sosial Anak Melalui Metode Bermain Peran

Sulistyani, Sulistyani (Unknown)
Herawati, Herawati (Unknown)
Sudarti, Sudarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2023

Abstract

Kemampuan interaksi sosial anak di kelompok A RA Fatih Al-Baariq Desa Jawa Tengah memiliki kecenderungan anak bermain sendiri, kurangnya anak dalam bergaul, tidak saling tegur sapa, masih jarang melakukan kontak mata saat bercakap - cakap, dan saat proses masih berpusat pada guru yang menyebabkan pembicaraan lebih banyak didominasi oleh guru. Tujuan penelitian adalah mengetahui kondisi objektif kemampuan interaksi sosial anak sebelum diterapkan metode bermain peran dan penerapan metode bermain peran dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak. Metode penelitian menggunakan tindakan kelas yang kolaboratif dengan bermain peran profesi. Subjek dalam penelitian berjumlah 23 anak. Hasil penelitian i adalah kemampuan interaksi sosial anak mengalami peningkatan pada setiap indikator diantaranya anak mampu menyapa, anak mampu berkomunikasi secara verbal, anak mampu meminta bantuan, anak mampu menyimak, anak mampu bertanya dan anak mampu bercakap-cakap. Rekomendasi yang diberikan meningkatkan interaksi sosial anak sebagai metode yang menarik, dan memotivasi dan melibatkan anak secara langsung .

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

joecce

Publisher

Subject

Religion Arts Neuroscience Social Sciences Other

Description

Focus. The focus is to provide readers with a better understanding of Early Childhood and Character Education through the publication of articles. Scope. This journal publishes a research article and discourses around the subject of early childhood and character education. The subject cover law, ...