Penelitian ini mendeskripsikan dan menjelaskan peran guru dan relawan dalam mengembangkan model pendidikan di MTs PAKIS Desa Gununglurah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif sehingga dapat memperoleh data sesuai dengan tujuan penelitian. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di MTs PAKIS, Desa Gununglurah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara mandalam, observasi, dan dokumentasi. Sasaran penelitian dalam penelitian ini adalah guru dan relawan MTs PAKIS. Penentuan sasaran penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian guru dan relawan MTs PAKIS menganggap bahwa pendidikan merupakan hal yang penting sebagai hak yang harus diterima setiap anak dan untuk membangun karakter anak. Guru dan relawan MTs PAKIS memiliki peran penting dalam keberlangsungan MTs PAKIS dan menciptakan model pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dalam mengembangkan model pendidikan di MTs PAKIS, guru dan relawan menemukan berbagai kendala yang berasal dari faktor internal seperti rasa malas, kurangnya pemahaman orang tua mengenai pentingnya pendidikan, kekurangan relawan dan permasalahan dalam memanage relawan, serta faktor eksternal seperti sulitnya sinyal untuk mendukung pembelajaran. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala tersebut yaitu dengan memberikan pemahaman kepada orang tua dan siswa, menjemput siswa yang rumahnya jauh dari MTs PAKIS, mengunggah rekruitmen relawan di media sosial, memanage relawan melalui grup relawan. Untuk mengatasi permasalahan sulitnya sinyal dan keterbatasan kepemilikan alat komunikasi, guru dan relawan MTs PAKIS mengakalinya dengan melakukan pembelajaran dengan handy talky, menggunakan alat komunikasi secara berkelompok, dan melaksanakan ujian online di bukit atau hutan agar mendapatkan sinyal.
Copyrights © 2023