products. This research was conducted at Bumpes Al Mumtaz, with eight partners of Rotaz as respondents. Primary data was obtained from respondent interviews using a questionnaire and secondary data was obtained from literature studies. The data obtained was then analysed using the Analitychal Hierarchy Process (AHP) method with the help of Microsoft Excel. There are four criteria used in this study: price, taste, quality and packaging. The results showed that the priority factor causing the return of Rotaz products was price (0.47), then second place packaging (0.27), third taste (0.19) and fourth quality (0.07).INTISARIPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab jumlah pengembalian produk Rotaz (Roti Al Mumtaz). Penelitian ini dilakukan di Bumpes Al Mumtaz, dengan responden delapan mitra dari Rotaz. Data primer diperoleh dari wawancara responden dengan menggunakan kuesioner dan data sekunder diperoleh dari studi literatur. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode Analitychal Hierarchy Process (AHP) dengan bantuan Microsoft Excel. Ada empat kriteria yang digunakan dalam penelitian ini yaitu harga, rasa, kualitas, dan pengemasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menjadi faktor prioritas penyebab pengembalian produk Rotaz adalah harga (0,47), lalu di posisi kedua pengemasan (0,27), ketiga rasa (0,19) dan keempat kualitas (0,07).
Copyrights © 2023