Peningkatan peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari telah menciptakan budaya media baru (new media) contohnya adalah Youtube. Salah satu fenomena yang ramai diperbincangkan dalam media sosial di tahun 2020 adalah “GlowUp Challenge”. Female Daily Network merupakan salah satu platform beauty review di Youtube yang seringkali memberikan rekomendasi mengenai berbagai produk perawatan kulit. Maka dari permasalahan tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa besarnya pengaruh online review dalam kanal Youtube Female Daily Network terhadap minat beli produk skincare oleh remaja perempuan. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori respon kognitif (cognitive response theory). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis eksplanatif dengan metode survei. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobalitiy sampling dengan menentukan kriteria yang diperlukan pada penelitian. Pengumpulan data penelitian didapat dari hasil penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang sudah sesuai dengan kriteria penelitian, kemudian melalui uji validitas dan reliabilitas. Pada penelitian ini data dianalisis dengan melihat hasil olah data dari uji regresi linear sederhana, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis melalui program SPSS 26. Berdasarkan hasil penelitian melalui uji koefisien determinasi didapatkan bahwa nilai variabel X (online review) memiliki korelasi terhadap variabel Y (minat beli) sebesar 71,4% hal ini selaras dengan perolehan hasil uji hipotesis pada penelitian ini yang menunjukan bahwa nilai t hitung sebesar 15,662 > dari t tabel yaitu 1,660 yang berarti bahwa adanya pengaruh yang cukup besar dan signifikan antara online review dalam kanal Youtube Female Daily Network terhadap minat beli produk skincare oleh remaja perempuan.
Copyrights © 2023