Digitalisasi penyiaran telah membawa dampak pada adanya transformasi radio dari yang sebelumnya analog menjadi digital. Radio Republik Indonesia (RRI), termasuk RRI Jakarta Pro 4 sebagai radio milik negara pun mengadopsi bentuk baru penyiaran ini. Di level organisasi, dibutuhkan strategi komunikasi organisasi yang tepat dalam rangka menyeimbangkan proses adopsi dan transformasi tersebut. Strategi komunikasi organisasi merupakan serangkaian panduan perencanaan komunikasi dengan manajemen komunikasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Adapun tujuan penelitian ini, yakni mengeksplorasi lebih dalam mengenai strategi komunikasi organisasi RRI Jakarta Pro 4 di era digitalisasi penyiaran. Pendekatan kualitatif deskriptif dengan paradigma konstruktivis digunakan dalam menganalisis data. Adapun data didapatkan melalui observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kepemimpinan situasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan situasional yang menggunakan komunikasi egaliter sangat menguntungkan bagi RRI Jakarta Pro 4 dalam proses adopsi dan transformasi pada digitalisasi penyiaran. Prinsip egaliter dalam komunikasi yang diterapkan pemimpin efektif mendorong karyawan untuk fleksibel dan mencapai performa yang baik di tengah situasi yang dinamis.
Copyrights © 2023