JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol. 11 No. 4 (2023): JE. VOL. 11 No. 4

Pengaruh Strategi Marketing Digital Terhadap Peningkatan Minat Nasabah Pada Produk Tabungan Emas di PT. Pegadaian UPC Diponegoro

Murni Fita Telaumbanua (Fakultas Ekonomi Universitas Nias)
Otanius Laia (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2023

Abstract

Strategi marketing adalah rencana terperinci yang dikembangkan untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan atau organisasi. Strategi pemasaran dapat mencakup berbagai elemen seperti riset pasar, analisis persaingan, segmentasi pasar, penentuan posisi merek, produk atau layanan yang ditawarkan, penetapan harga, promosi, dan distribusi. Minat merupakan aspek psikologis yang mempengaruhi perilaku serta sebagai sumber motivasi bagi orang untuk melaksanakan keinginan. Minat yakni kecenderungan untuk memperhatikan dan menanggapi orang, situasi, atau aktivitas yang diminati dengan senang hati. Dalam penelitian ini merumuskan masalah yaitu: ‘’apakah ada pengaruh strategi marketing digital terhadap peningkatan minat nasabah pada produk tabungan emas di PT. pegadaian UPC diponegoro?’’. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh Strategi marketing digital terhadap peningkatan minat nasabah pada produk tabungan emas di PT. Pegadaian UPC diponegoro; untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Strategi marketing digital terhadap peningkatan minat nasabah pada produk tabungan emas di PT. Pegadaian UPC Diponegoro. Sampel dalam penelitian ini adalah karyawandan nasabah PT. pegadaian berjumlah 36 orang.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka selanjutnya peneliti menyampaikan beberapa kesimpulan sebagai berikut: Dari hasil perhitungan koefisien korelasi variabel X dan Variabel Y maka diperoleh r xy = 0,890 yang dikonsultasikan pada table nilai kritik r product moment dimana nilai N=36 Pada taraf signifikan α = 5%, dengan nilai r-tabel = 0,329. Dapat disimpulkan bahwa nilai rxy> r-tabel atau 0,890 > 0,329. Dari perhitungan di atas, maka diperoleh koefisien determinan untuk korelasi variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 79,21%. Dengan kata lain, marketing digital mempunyai korelasi sebesar 79,21% terhadap minat nasabah sedangkan persentase 20,79 dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dari hasil uji T diperoleh thitung  > ttabel atau 11,378>1.697, hipotesis yang diterima adalah Ha yaitu ada pengaruh strategi marketing digital terhadap peningkatan minat nasabah di PT. Pegadaian UPC Diponegoro. Kata Kunci: Strategi Marketing Digital, Minat Nasabah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

emba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh ...