eDimensi Arsitektur Petra
Vol 11, No 1 (2023): Februari 2023

Stadion Dan Fasilitas Pelatihan Esports Di Jakarta

Bryan Wijaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2023

Abstract

Esports merupakan salah satu kegiatan yang sudahdisahkan menjadi sebuah cabang olahraga pada tahun2020. Di Indonesia belum ada fasilitas yang mewadahisecara khusus untuk esports baik untuk pelatihan ataupertandingan. Dengan adanya ruang yangmemfasilitasi kegiatan ini akan membuat esportssemakin berkembang dalam negeri ini. Stadion sebagaitempat bertanding para pemain professional akanmemberi kenyamanan bagi pemain dan juga penonton.Tempat pelatihan juga menjadi salah satu fasilitas yangdapat membuat para pemain esports ini lanjut kejenjang yang lebih kompetitif seperti layaknya cabangolahraga lainnya. Teknologi adalah salah satu faktorterbesar dalam esports yang membuat satu cabangolahraga ini berbeda dan menonjol jika dibandingkandengan cabang olahraga lainnya. Oleh karena konsepyang akan digunakan adalah balancing digital andphysical life untuk mencerminkan kegiatan esportssendiri yang merupakan gabungan antara 2 haltersebut. Pembuatan fasilitas ini akan menjadi lebihbaik jika dapat mencerminkan kegiatan apa yang akandihadirkan di dalam sebuah bangunan esports inisehingga digunakan pendekatan simbolis. Pendekatantersebut diaplikasikan untuk menampilkan danmemberikan profil sebuah bangunan olahraga yangberhubungan dengan teknologi dan membuat profilyang berbeda dengan Gedung olahraga lainnya.Bangunan ini akan mewadahi pertandingan dengankuota 1800 penonton, selain itu terdapat fungsitambahan seperti pelatihan, galeri, pujasera, dan lainlain. Penataan bangunan akan menggunakan konsepyang sama diana akan menghadirkan pola baru denganharapan menggabungkan 2 pola eksisting. Pendekatansimbolis pada desain bangunan akan terlihat jelasdengan adanya bidang melengkung pada setiap sisibangunan.

Copyrights © 2023