Multitek Indonesia : Jurnal Ilmiah
Vol 16, No 2 (2022): Desember

SISTEM LAYANAN ANTRIAN KLINIK KESEHATAN BERBASIS WEB DAN WHATSAPP MENGGUNAKAN METODE FIFO

Richo Wardana (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Sucipto Sucipto (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Rina Firliana (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Abstrak Antrian meruapakan sekumpulan orang yang sedang menunggu untuk dilayani. Sistem informasi antrian merupakan sebuah sistem informasi yang dapat mengelola antrian secara digital atau terkomputerisasi. Pembuatan sistem antrian memiliki tujuan untuk mempermudah dalam pengelolaan antrian dan pengambilan nomor antrian oleh pasien, dimana pengambilan nomor antrian dapat dilakukan secara online menggunakan whatsapp. Perancangan sistem informasi antrian menggunakan metode waterfall yang terdiri dari lima langkah antara lain kebutuhan, desain, implementasi, testing, dan pemeliharaan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik studi literatur, wawancara secara langsung dengan pihak klinik, dan observasi secara langsung. Sistem informasi antrian ini menggunakan teknik pengembangan sistem DFD (Data Flow Diagram). Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dengan framewok codeigniter versi 4, database MYSQL, untuk pengambilan antrian dengan whatsapp menggunakan whatsapp gateway. Sistem ini terdapat 3 aktor antara lain pasien, operator antrian, dan admin. Hasil dari penelitian ini adalah sistem antrian dimana pasien dapat mengambil antrian secara offline dengan cara datang langsung dan mengambil antrian  secara online menggunakan whatsapp, dan juga memudahkan operator antrian untuk mengelola antrian dalam klinik. Abstract A queue is a group of people waiting to be served. Queue information system is an information system that can manage queues digitally or computerized. Making a queuing system has the aim of making it easier to manage queues and take queue numbers by patients, where queue number retrieval can be done online using whatsapp. The design of the queuing information system uses the waterfall method which consists of five steps including requirements, design, implementation, testing, and maintenance. Data collection techniques using literature study techniques, direct interviews with the clinic, and direct observation. This queuing information system uses the DFD (Data Flow Diagram) system development technique. The programming language used is PHP with codeigniter version 4 framework, MYSQL database, for queue retrieval with whatsapp using whatsapp gateway. In this system there are 3 actors, including patients, queue operators, and admins. The result of this study is a queuing system where patients can take queues offline by coming directly and taking queues or taking queues online using whatsapp, and also makes it easier for queue operators to manage queues in the clinic.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

multitek

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Control & Systems Engineering

Description

Multitek Indonesia : Jurnal Ilmiah is a journal published by the Technic Faculty, Universitas Muhammadiyah Ponorogo (Unmuh Ponorogo) in collaboration with Universitas Muhammadiyah Ponorogo Research and Community Service. Published twice a year (June and Desember), contains six to ten articles and ...