Jurnal Pendidikan "EDUKASIA MULTIKULTURA"
Vol 5, No 2 (2023): Agustus

PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN MASYARAKAT, DAN LINGKUNGAN KAMPUS TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA SEMESTER 2 PRODI PBA PADA MATA KULIAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Deko Rio Putra (UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu)
Sri Sundari (UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan Masyarakat, dan lingkungan kampus terhadap hasil belajar pada mata kuliah psikologi Pendidikan mahasiswa semester 2 prodi Pendidikan Bahasa arab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei deskriptif dan Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner tertutup dan dokumentasi kepustakaan. Sampel pada penelitian ini berjumlah 30 mahasiswa yang dipilih secara random dari seluruh mahasiswa semester 2 prodi Pendidikan Bahasa arab. Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan Masyarakat, dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar mahasiswa, peneliti menggunakan Teknik analisis regresi berganda Y= 10.237 + 0,394X1 – 0,018X2+0,328X3. Dari persamaan tersebut peneliti memperoleh hasil: (1) Adanya pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar mahasiswa Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,023 < α 0,05 dan T hitung 2,421 > T tabel 2,055. (2) Tidak adanya pengaruh yang signifikan antara lingkungan Masyarakat dan hasil belajar. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai sig.0,883 > α 0,05 dan T hitung -0,148 < T tabel 2,055. (3) Adanya pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah dan hasil belajar mahasiswa, hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,007 < α 0,05 dan T hitung 2,937 > T tabel 2,055 (4) Terdapat adanya pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga, lingkungan Masyarakat, dan lingkungan kampus terhadap hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 49,6% pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan Masyarakat dan lingkungan kampus terhadap hasil belajar mahasiswa. Dan 51% sisanya dipengaruhi oleh factor – factor lainya.Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Lingkungan Masyarakat, Lingkungan Kampus, dan Hasil BelajarABSTRACTThe purpose of this investigation is to see how the family ward, community, and college environment will affect the result of studying the psychology of the 2nd semester student program for Arabic education. The metods used in this study are descriptive survey metods and fata collection techniques used in this study using closed questionnaires and library documentation, the sample in this study represents 30 students randomly selected from all students of the second semester of the education in Arabic. In order to discern the impact family environment, community environment, and school environment have on student studies, researchers use multiple regression analysis techniques Y= 10.237 +0,394X1 – 0,018X2 + 0,328X3. From this equation the researchers obtained result: (1) a significant impact between the family environment and student studies is proven by the value of sig. 0,023 < 0,05 and T count 2,421 > T table 2,055. (2) significant absence of influence between the community environment and the result of study. This can be proved with a value of sig. 0,883 > 0,05 and T count -0,148 < T table 2,055. (3) a significant impact between the school environment and student studies is established by a sig. 0,007 < 0,05 an T count 2,937 > T table 2.055. (4) there is a significant impact between the family ward, community, and college environment on students learning by using coefficient determinations of 49,6% on the family environment, community environment, and college environment to students learning. And the other 51,4% is affected by factory – factor.Keywords: Family environment, community environment, college environment, and result of study

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

multikultura

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Journal Pendidikan “EDUKASIA MULTIKULTURA” is a peer-reviewed journal that concerns with the field of Education under various topic etc. Philosophy, Curriculum, Methode, Sociology The article may be written with two types; research and conceptual idea. The research comprises scholarly reports ...