Mahasiswa calon guru perlu memiliki bekal mengajar dengan baik seseuai kondisi saat ini yang serba teknologi. Selain mengajar, calon guru juga perlu memiliki sikap refleksi diri agar kualitas pendidikan terus meningkat. Dikarenakan hal ini maka dilakukanlah pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dan strategi metakognitif untuk meningkatkan kemampuan mengajar mahasiswa calon guru. Pembelajaran ini diterapkan pada mata kuliah Micro Teaching diProgram Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pembelajaran ini tercapai apabila seluruh mahasiswa di kelas dapat mengajar dengan baik. Berdasarkan studi pendahuluan diketahui bahwa mahasiswa yang dapat mebgajar dengan baik adalah 20%. Pada siklus I, mahasiswa yang dapat mengajar dengan baik adalah 75%. Berdasarkan siklus II, diperoleh hasil bahwa semua mahasiswa di kelas dapat mengajar dengan baik dan mereka mampu menyediakan pembelajaran berbasis teknologi yang dikaitkan dengan pedagogi dan materi belajar. Sehingga disimpulkn bahwa penerapan pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dengan strategi metakognitif mampu meningkatkan kemampuan mengajar mahasiswa calon guru. Pembelajaran yang dapat meningkatakan kemampuan mengajar ini yakni mahasiswa membuat perangkat pembelajaran berbasis TPACK dan dialksanaknnya strategi metakognitif dimana mahasiswa melakukan refleksi terhadap diri sendiri dengan menuliskannya pada jurnal refleksi dan dilakukan diskusi terkait refleksi yang ditulis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023