Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana deskripsi Pelayanan, Daya Tarik Wisata dan Fasilitas serta pengaruhnya secara parsial dan simultan antara Pelayanan, Daya Tarik Wisata dan Fasilitas terhadap Kepuasan Wisatawan Pemandian Alam Banyu Biru Winongan Kabupaten Pasuruan. Pelayanan suatu interaksi atau tindakan yang dilakukan oleh suatu pihak ke pihak lain untuk melayani kebutuhan yang dapat menjadi tolak ukur pada sebuah perusahaan. Daya Tarik Wisata segala sesuatu yang mempunyai keindahan, keunikan, keaslian, kekayaan alam, atau juga sesuatu yang memiliki nilai sejarah yang dapat menarik minat pengunjunh. Fasilitas adalah semua sarana dan prasarana yang mendukung dan memenuhi kebutuhan wisatawan dengan disertai kemudahan dalam pemenuhan kebutuhan wisatawan. Kepuasan Wisatawan adalah tingkat perasaan seseorang terhadap kepuasan kinerja atau hasil yang dirasakan sudah sesuai harapan. Pelayanan, Daya Tarik Wisata dan Fasilitas dapat menjadi tolak ukur terhadap sebuah kepuasan wisatawan. Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif dengan pendekatan korelasional dengan sampel pengunjung wisatawan dengansyarat minimal dua kali berkunjung ke pemandian Alam Banyu Biru Winongan Kabupaten Pasuruan. Data yang dikumpulkan berupa data primer hasil pengisian angket tertutup dengan sklala likert 5 poin untuk menilai sikap responden dari sangat setuju, setuju, cukup setuju, tidak setuju, hingga sangat tidak setuju, dan data sekunder yang berasal dari penelitian terdahulu untuk mendukung hasil penelitian ini. Hasil penelitian ini cukup memuaskan, dimana mayorisan responden menjawab setuju terhadap pernyataan yang diajukan oleh peneliti, sehingga dapat dikatakan bahwa responden merasakan Pelayanan, Daya Tarik Wisata dan Fasilitas yang ada di pemandian Alam Banyu Biru dengan baik. Selain itu terdapat pengaruh positif yang signifikan secara simultan antara Pelayanan, Daya Tarik Wisata dan Fasilitas terhadap Kepuasan Wisatawan Pemandian Alam Banyu Biru Winongan Kabupaten Pasuruan. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan kepada pengelola pariwisata pemandian Alam Banyu Biru dalam meningkatkan kualitas pelayanan, pihak pengelola wisata pemandian alam Banyu Biru diharapkan dapat mempertahankan dan lebih meningkatkan kulitas layanannya dalam segi fasilitas dan memeperbaiki pembangunan agar bisa menambah daya tarik bagi pengunjung.
Copyrights © 2023