Penelitian ini memiliki latar belakang terkait fenomena produk Mie Gacoan yang baru-baru ini tengah ramai dimedia sosial sebagai trend makanan pedas cepat saji yang diminati oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian, mengetahui pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian, serta untuk mengetahui pengaruh brand image dan online customer review terhadap keputusan pembelian. Metode peneletian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis kuantitatif dengan pendekatan asosiastif. Adapun responden dalam penelitian ini adalah setiap konsumen Mie Gacoan Medan yang berjumlah 100 orang. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel brand image (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Sementara itu kualitas produk (X2) juga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand image dan online customer review secara bersama-sama (simultan) terhadap keputusan pembelian. Uji determinasi diperoleh hasil bahwa nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,486 yang artinya masing masing variabel yakni brand image (X1) dan online customer review (X2) saling berhubungan terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 48,6%. Adapun nilai R Square atau nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel keputusan pembelian 22% dapat dijelaskan oleh variabel brand image dan online customer review, sedangkan sisanya sebesar 78% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.
Copyrights © 2023